KOMINDA KABUPATEN KLATEN MELAKSANAKAN STUDI KOMPARATIF KE KESBANGPOL BANYUMAS

Kamis, 19 Oktober 2017 | 661 Kali
KOMINDA KABUPATEN KLATEN MELAKSANAKAN STUDI KOMPARATIF KE KESBANGPOL BANYUMAS

Purwokerto.  Kepala Kantor Kesbangpol Banyumas Drs. Setia Rahendra, MSi menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas keparcayaan yang diberikan kepada Kesbangpol Banyumas sebagai tujuan studi Komparatif dan Komunitan Intelijen Daerah (KOMINDA) Kabupaten Klaten pada hari Kamis 19 Oktober 2019. Pada kesempatan tersebut hadir Anggota KOMINDA Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Klaten dari unsur Korem, Kodim, Polres, Kodam, Kesbangpol, dan Kejaksaan.

Drs.Setia Rahendra,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa situasi kondisi Kabupaten Banyumas pada umumnya kondusif meskipun ada beberapa permasalahan yang muncul namun demikian dapat diselesaikan berkat dukungan semua elemen masyarakat. Dalam rangka menyambut Pilkades Serentak pada bulan Desember 2017 maupun Pilkada Srentak pada Juni 2018, Kesbangpol Banyumas telah membentuk Tim Pemantau Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah sebagai tindaklanjut Permendagri Nomor 61 tahun 2011.

Kesbangpol beserta unsur KOMINDA mempunyai peranan yang besar dalam memberikan kontribusi menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah, dengan melakukan deteksi dini dan pengumpulan bahan keterangan terhadap berbagai issue permasalahan yang terjadi di masyarakat untuk selanjutnya dianalisa dan dilaporkan kepada para pimpinan sebagai bahan megambil suatu kebijakan.

 Upaya menjaga kondusifitas wilayah tidak hanya dapat dilaksanakan oleh aparatur pemerintah maupun KOMINDA namun juga perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat. Demikian halnya Kesbangpol mempunyai beberapa kegiatan penciptaan Keamanan Ketertiban Masyarakat seperti fasilitasi FKUB, Fasilitasi FKDM, Fasilitasi Forum Pembauran Kebangsaan, Silahturahmi Muspida dengan Pimpinan Parpol Ormas/LSM, Fasilitasi Komunikasi Politik.

Kesbangpol beserta anggota Kominda intens melaksanakan pemantauan dan pendekatan terhadap tokoh maupun kelompok radikal baik radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya. Selain itu melaksanakan penggalangan terhadap eks Napi Teroris yang ada di Banyumas untuk memberikan testimoni pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Kesbangpol serta memberikan bantuan modal usaha kepada para eks Napiter sebagai bekal agar dapat kembali dimasyarakat dengan baik.

Lili Yunanto (Kasi Politik dan Kewaspadaan Nasional Kantor Kesbangpol Kabupaten Klaten) menyampaikan bahwa tujuan melaksanakan studi komparatif ke Kesbangpol dan Kominda Banyumas, karena selama ini KOMINDA Banyumas sudah berjalan dengan baik dan merupakan yang terbaik di Jawa Tengah, selain itu dalam rangka memperkuat peranan Kominda Klaten sehingga dapat dilihat kinerjanya oleh para pemangku kebijakan. Dimana kami menilai Pemda Banyumas sangat mendukung keberadaan Kominda dengan memberikan berbagai fasilitas seperti Sekretariat dan dukungan anggaran yang cukup.

Kami ingin mengetahui bagaimana sinergitas antara anggota Kominda Banyumas dalam rangka melaksanakan tugas khsusnya terkait pendekatan terhadap kelompok radikal dan bagaimana penanganan terhadap para eks napi teroris di Banyumas.

Diharapkan dengan Studi Komparatif ini dapat meningkatkan silaturahmi, tukar menukar informasi dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dari masing-masing Kominda serta dapat kami terapkan di Klaten dalam rangka peningkatan kapasitas Kominda Klaten.

Acara selesai diakhiri dengan tukar menukar cinderamata.(adm/ys)

Related Posts

Komentar