Pendampingan Rekomendasi Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Kementerian PAN-RB di Jakarta.

Jumat, 24 Juni 2022 | 5617 Kali
Pendampingan Rekomendasi Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Kementerian PAN-RB di Jakarta.

BAKESBANGPOL ; Pada hari Senin, 20 Juni 2022 – Rabu 22 Juni 2022 telah dilaksanakan Kegiatan Pendampingan Rekomendasi Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan Kementerian PAN-RB di Jakarta. Kegiatan dihadiri oleh 163 peserta yang berasal dari para Kepala OPD dan Camat di Kabupaten Banyumas beserta para Perencana pada OPD dan Kecamatan di Kabupaten Banyumas.
Secara singkat Reformasi birokrasi diartikan sebagai upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).
Tujuan dari reformasi birokrasi adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif, dan melayani secara prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) sebagai instansi Pemerintah juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan reformasi birokrasi sesuai dengan arah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.
Pohon Kinerja adalah alat bantu bagi organisasi (pemerintah daerah/ OPD) untuk mengawal struktur logika sebab-akibat atas berbagai kondisi yang diperlukan organisasi dalam menghasilkan outcome/kinerja yang diinginkan. Proses Penyusunan Pohon Kinerja Adalah mengidentifikasi kondisi/outcome antara (immediate/ initial outcome) sampai pada kondisi paling teknis/operasional yang dapat menghasilkan output. Melakukan diskusi dan konsultasi dengan melakukan perbaikan atas pohon kinerja OPD.
Diharapkan melalui kegiatan pendampingan tersebut Perangkat Daerah akan lebih memahami kinerja organisasi sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya sehingga pencapaian target-target dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat tercapai dengan meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bersih dan Akuntabel, tentu saja menjadi dasar dan landasan agar kinerja di setiap Perangkat Daerah dapat terus ditingkatkan setiap tahunnya kearah yang lebih baik dan benar.
Lebih lanjut dengan adanya rekomendasi perbaikan ini, besar harapan saya Bagian Organisasi untuk dapat menindaklanjuti secara cepat dan benar dengan segera berkoordinasi terkait hal tersebut, dengan berkumpulnya para Perangkat Daerah disini, diharapkan jalinan sinergitas untuk bersama-sama kita dukung penuh penerapan SAKIP secara optimal dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Marilah kita berikan segala daya upaya dan berkarya dengan segenap kemampuan serta kualitas lebih mumpuni untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel.

 

Related Posts

Font
Kamis, 25 Agustus 2022

Komentar