Pembinaan Ideologi dan Pngenalan Nilai Pancasila Bagi Paskibra Kabupaten Banyumas Tahun 2023

Jumat, 22 Desember 2023 | 917 Kali
Pembinaan Ideologi dan Pngenalan Nilai Pancasila Bagi Paskibra Kabupaten Banyumas Tahun 2023
Pembinaan Ideologi dan Pngenalan Nilai Pancasila Bagi Paskibra Kabupaten Banyumas Tahun 2023
Kerjasama Bakesbangpol Kab.Banyumas, BPIP , dan Lemhannas
Lemhannas dan BPIP : Memberikan Serifikat dan PIN Garuda
 
Bertempat di Hotel Moro Seneng Baturaden Kabupaten Banyumas pada tanggal 13 s.d 16 Desember 2023 , Bakesbangpol Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Lemhannas RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI  melaksanaan Kegiatan Pembinaan Ideologi dan Pengenalan Nilai Nilai Kebangsaan bagi Paskibra Kabupaten Banyumas Tahun 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Paskibra Kab.Banyumas Tahun 2023 yaitu Pembinaan Terhadap   Aktivitas Kepaskibrakaan dan Purnapaskibraka.

 

Pembinaan Ideologi dan pengenalan  nilai nilai kebangsaan dikemas dengan metode diskusi, bermain peran, simulasi, tugas kelompok dan permainan (outbond) sehingga siswa siswi Paskibra merasa tidak jenuh bahkan responsif selama mengikuti kegiatan tersebut.

Melalui pembinaan idelogi dan pengenalan nilai nilai kebangsaan bagi paskibra Kab.Banyumas Tahun 2023 ini ,semoga bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terwujudnya semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air, serta mempersiapkan siswa siswi paskibra agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang mampu mewujudkan kerukunan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Akhir dari pelaksanaan kegiatan ini Siswa Siswi Paskibra Kab.Banyumas mendapatkan sertifikat dan pin Garuda yang merupakan penghargaan dari BPIP RI dan Lemhannas RI. Kemudian acara ditutup oleh Panitia dari Bakesbangpol Kabupaten Banyumas dengan kegiatan pusaka bangsa yang diimplementasikan dalam kegiatan api unggun, selain berfungsi untuk menghangatkan badan di suasana terbuka dan cuaca yg dingin di malam hari, api unggun  juga  sebagai renungan bagi para peserta , mempererat persaudaraan, memupuk kerja sama (gotong royong), menambah rasa keberanian dan kepercayaan diri, membuat suasana gembira dan kebebasan, mengembangkan bakat dan kreatifitas, memupuk disiplin bagi peserta.

Semangat Paskibra Banyumas – Tiada Kesuksesaan Yang Instan Semua dilalui dengan  Latihan dan Ke-Disiplinan

Penulis : Sugeng Suroso,SE, Analis Kebijakan Ahli Muda Bakesbangpol Banyumas

Related Posts

Font
Rabu, 04 November 2015

Komentar