"Coffee Morning" Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama || FKUB Bms

Rabu, 30 Maret 2022 | 1983 Kali
"Coffee Morning" Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama || FKUB Bms

BAKESBANGPOL ; Selasa,  29 Maret 2022, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  Kab.  Banyumas diundang Bupati untuk acara "Coffee Morning" bertempat di Pendopo Kabupaten Kabupaten.  Hadir semua Perwakilan Agama dan Kepercayaan (Islam,  Katolik,  Kristen,  Hindu,  Budha, Khong Hu Chu,  dan Penghayat). Bupati didampingi Asisten Kesra dan Kepala Dinas Prasarana Umum.  Agenda yang dibicarakan antara lain, Persiapan bulan Suci Ramadhan,  Kampung Pancasila dan rencana pelaksanaan Sholad Idul Fitri. Semua elemen agama mendukung penuh pelaksaan bulan puasa.  Akan diadakan doa bersama menjelang masuk bulan puasa dan buka puasa bersama. FKUB akan mendirikan Posko Mudik Lebaran. 

Di luar FKUB,  di Purwokerto ada Komunitas Lintas Imam yang ikut menjaga Sholat Idul Fitri di masjid, lapangan dan alun-alun.  Kegiatan ini sudah berlangsung tahun ke 7. Tahun ini yang menjadi koordinator dari Budha dan Khong Hu Chu. 

Kabupaten Banyumas membangun 7 rumah ibadah yang disebut Kampung Pancasila.  Gambar dan RAB rumah ibadah sudah siap. Saat berdiskusi ditampilkan gambar 3 dimensi.  Masing-masing  elemen agama diminta memberi masukan. Pembangunan ditargetkan selesai sebelum bulan September 2023. Di area Kampung Pancasila juga dibangun Kantor FKUB dan Pendopo sebagai tempat untuk berkegiatan bersama.  Ke depan Kampung Pancasila akan menjadi tempat Wisata Religi.

Related Posts

Komentar