Sarasehan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan // Pendopo Si Panji Purwokerto

Kamis, 29 Desember 2022 | 1239 Kali
Sarasehan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan // Pendopo Si Panji Purwokerto

BAKESBANGPOL ; Rabu tanggal 28 Desember 2022, dimulai pukul 20.00 s.d. 22.00 Wib, bertempat di Pendopo Si Panji Purwokerto telah dilaksanakan kegiatan Sarasehan Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab Banyumas dengan mengambil tema "Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Menuju Banyumas Yang Lebih Maju" yang diikuti kl. 100 orang

Hadir dalam kegiatan tersebut :*
1. Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein
2. Ketua DPRD Kab Banyumas dr. Budhi Setiawan
3. Kapolresta Banyumas yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polresta Banyumas Kompol Sulistyo Dwi Cahyono
4. Dandim 0701/Banyumas yang diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0701/Banyumas Kepten Inf Nurkholis
5. Kajari Purwokerto yang diwakili oleh Anton Sutrisno,S.H.,
6. Kajari Banyumas yang diwakili oleh Kasi Intel Kajari Banyumas Sdr Nizar, S.H.
7. Aspem Kesra Sekda Kab Banyumas Drs Purwadi Santoso, M.Hum
8. Kabakesbangpol Banyumas Eko Heru Surono, S.Sos
9. Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab Banyumas Sdr Yudho F Sudiro, S.H.,M.H.
10. Ketua Lowo Ireng Kab Banyumas Sdr Solahudin Nur / Soled
11. Ketua Kwarcab Kab Banyumas Sdr. Adi Candra
12. Ketua JPKP Banyumas Sdr.Kuat Teguh
13. Ketua PSHT Parluh 17 Banyumas Sdr Heri Setiomo, S.Sos
14. IARMI Sdr Adi
15. Ketua Banser Kab Banyumas atau yang mewakili
16. Pengurus Ormas di wil Kab Banyumas
17. Tamu undangan lainnya

Dasar Pembentukan Ormas antara lain : PASAL 1 ANGKA 1 UU 17/2013jo. PERPU 2/2017, dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi. kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, tujuan berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan menjaga kondusifitas yang aman dan nyaman.

Apakah organisasi kemasyarakatan yang ada sekarang sudah memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan dan pembangunan bangsa serta berkomitmen menjaga kondusifitas ? tentu saja banyak organisasi kemasyaräkatan yang memiliki integritas dan berperan penting dalam pembangunan di segala bidang, yang produktif dan memiliki kemandirian dalam menjalankan organisasinya, dan Polri tidak pernah mengklaim salah satu ormas yang telah berhasil dalam menjaga kondusifitas Harkamtibmas.

Namun diakui juga bahwa tidak sedikit organisasi kemasyarakatan yang tidak mempunya/ integritas, hanya memanfaatkan lebel dan nama organisasi untuk mencari serta mendapatkan keuntungan semata, bahkan justru menimbulkan dampak yang kurang menyenangkan dan membuat kegelisahan di tengah-tengah masyarakat.

Diharapkan terbentuknya Banyumas eling ini akan bisa menjadi forum komunikasi masyarakat melalui ormas kepada pemerintah, sehingga Pemerintah dapat mengetahui secara detail informasi dari masyarakat kepada Pemerintah Kab. Banyumas.

Terselenggaranya kegiatan ini yang paling penting adalah masing masing ormas dapat mengerti latar belakangnya dan dapat saling mengenal guna terjalinya komunikasi yang baik. Serta akan membuat program Forum Banyumas eling dan akan dibuat sekretariat bersama yang dikemas dalam bentuk duduk bersama dan ngobrol dengan membahas permasalahan yang dialami masyarakat Kab. Banyumas. Perlunya komunikasi pemerintah dengan ormas melalui Banyumas eling agar dapat terjangkau ke semua elemen, dan pemberdayaan ekonomi dapat terwujud.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada Ormas Kab. Banyumas, agar dapat bersama sama menciptakan aman dan kondusif serta untuk menciptakan Banyumas yang lebih maju. Dengan dilaksanakanya kegiatan tersebut tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kegiatan lainya dengan mengundang para tomas, toga, maupun dari elemen masyarakat Banyumas.

Related Posts

Komentar