Sinergitas antara Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Kemasyarakatan

Rabu, 09 Oktober 2024 | 156 Kali
Sinergitas antara Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Kemasyarakatan

BAKESBANGPOL ; Selasa, 8 Oktober 2024 pukul 14.00 s.d 15.20 WIB, di Ruang Rapat Wisma Waskita, Kantor Bakesbangpol Kab. Banyumas, Jl. Jend. Sudirman No.106, Pertabatan, Berkoh, Kec. Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, telah dilaksanakan Sarasehan Kebangsaan dalam rangka Sinergitas antara Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Kemasyarakatan guna mendukung Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Banyumas agar berjalan dengan aman dan kondusif.
Kegiatan dipimpin oleh Dr. Agus Nur Hadie, S.Sos M.Si (Sekretaris Daerah Kab. Banyumas), didampingi oleh Eko Heru Surono, S. Sos (Kepala Bakesbangpol Kab. Banyumas), Bejo Siswanto, S.H, (Sekretaris Bakesbangpol Kab. Banyumas), para Kabid Bakesbangpol Kabupaten Banyumas. Dan dihadiri oleh parwakilan Tokoh Agama, Pemuda, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Kemasyarakatan di kabupaten Banyumas.
Dr. Agus Nur Hadie, S.Sos M.Si (Sekretaris Daerah Kab. Banyumas) menyampaikan Pilkada Serentak di Banyumas memiliki dinamika berbeda dari tahun sebelumnya, dimana pasangan calon tunggal melawan kotak kosong, sehingga potensi kerawanan lebih besar. Peran Pemda dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak diantaranya menjaga ketersediaan anggaran, menjaga stabilitas politik dan keamanan, menjaga netralitas ASN, dan memeberikan data penduduk potensial pemilih pemula (DP4) kepada KPU. Netralitas ASN, TNI dan Polri harus dijaga karena memiliki fungsi sebagai pemerasatu bangsa. Apabila tidak netral akan menimbulkan subjektifitas dalam kepemerintahan.
Eko Heru Surono, S. Sos (Kepala Bakesbangpol Kab. Banyumas) juga menyampaikan antara lain Pelaksanaan Pilkada, semua elemen masyarakat diharapkan dapat bekerja sama untuk memastikan suasana tetap aman dan kondusif. Keberhasilan demokrasi bergantung pada partisipasi aktif dan tanggung jawab semua pihak. Keterlibatan positif sangat penting untuk mendukung proses demokrasi yang sehat. Keterlibatan semua pihak, baik masyarakat, mahasiswa, maupun lembaga terkait, sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung proses pemilihan yang demokratis dan adil. Sehingga pihaknya berharap dapat bersama-sama menjaga ketertiban dan kedamaian menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

Kegiatan Sarasehan Kebangsaan yang melibatkan OKP dan Ormas Kab. Banyumas merupakan upaya menjaga stabilitas situasi sosial, Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan menciptakan kondusifitas politik di wilayah Banyumas selama tahapan Pilkada Banyumas tahun 2024. Fenomena baru di Kabupaten Banyumas dengan penyelenggaraan Pilkada melawan kotak kosong. Dalam hal ini, perlu pengawasan ketat yang melibatkan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan transparan dan adil.

Related Posts

Font
Jumat, 24 Januari 2020

Komentar