Pencanangan Kampung Pancasila Kodim 0701/Bms.

Rabu, 06 April 2022 | 6895 Kali
Pencanangan Kampung Pancasila Kodim 0701/Bms.

BAKESBANGPOL ; Rabu tanggal 06 April 2022 pukul 13.15 WIB s.d 14.00 WIB bertempat di Pendopo Kecamatan Sokaraja telah dilaksanakan acara pencanangan pembentukan kampung Pancasila Kodim 0701/Bms yang diselenggarakan oleh stafter Kodim 0701/Bms penanggung jawab Kapten Inf Putut (Pasiter Kodim 0701/Bms) yang di dihadiri lk 130 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut al :
a. Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono (Dandim 070/Banyumas).
b. Drs. Eko Heru Surono (Kepala Bakesbangpol Kab. Banyumas).
c. Drs. Lukman Nazarudin (Camat Sokaraja).
d. Kapten Arh Sumarsono (Danramil 04/Sokaraja).
e. AKP Sutrisno, S.H. (Kapolsek Sokaraja).
f. AKP Dwi Astuti Ratna Suci Ningsih (Kapolsek Kalibagor).
g. Para Pasi Jajaran Kodim 0701/Bms.
h. Para Danramil jajaran Korem 0701/Bms.
i. Forkompimcam (Sokaraja, Kalibagor, Kembaran dan Sumbang).
j. Tomas, Toga, dan Toda.
k. Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0701/Bms.
l. Perwakilan Pelajar SMP N 1 Sokaraja.
m. Ormas FKPPI Kab. Banyumas.
n. Paguyuban Tiong Hoa Klenteng Sokaraja.

Susunan acara :
1) Pembukaan
2) Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3) Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila
4) Pembacaan Do'a ( FKUB Kec. Sokaraja)
5) Sambutan Camat Sokaraja.
6) Sambutan Danrem 071/Wk diwakili Kasrem 071/Wk.
7) Sambutan Dandim 0701/Bms Dilanjutkan Pencanangan Kp. Pancasila
8) Pemukulan Gong.
9) Penyerahan Sertifikat Pencanangan Kp. Pancasila
10) Persembahan Tari Lengger.
11) Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri.

Sambutan Camat Sokaraja Drs. Lukman Nazarudin pada intinya :

a. Pertama-tama Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu ta'ala atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk hadir di Pendopo Suparjo Rustam Kecamatan Sokaraja dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila oleh Kodim 0701/Banyumas.

b. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Dandim bahwa salah satu Desa kami yaitu Sokaraja Kidul menjadi contoh Kampung Pancasila dan ini sesuai dengan keadaan di sana bahwa di Sokaraja Kidul ini ada kelenteng ini Kebetulan hadir di sini pengurus pentingnya, ada gereja, ada masjid serta disana kehidupan bermasyarakat di Sokaraja Kidul ini sangat baik.

c. Kami informasikan kepada bapak dan Dandim bahwa di kami ada gedung namanya gedung Batavia yaitu wakaf dari Abang itung yang sudah 11 tahun kegiatannya setiap selapanan itu berkumpul antar umat beragama diskusi tentang hal-hal yang sedang update di lingkungan masyarakat, disini artinya bahwa kehidupan bermasyarakat di Sokaraja Kidul antar umat beragama sudah sangat bagus.

d. Pada saat-saat sulit yaitu covid-19 melanda di kita ini juga dari Tim pengurus penting (Tionghoa) ini juga membantu untuk masyarakat di sekitar di Sokaraja dan juga apa gereja-gereja di sekeliling kita ini artinya bahwa kehidupan bermasyarakat di Sokaraja Kidul ini sangat harmonis dan kondisi, semoga dengan dicanangkannya Kampung Pancasila ini akan menambah semangat lagi kepada masyarakat Sokaraja Kidul untuk lebih menyatukan dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat di Sokaraja Kidul.

Sambutan Danrem 071/Wk yang dibacakan Dandim 0701/Bms Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono pada intinya :

a. Sebagai insan yang beriman dan bertakwa marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-nya pada hari ini kita masih diberi dia masih diberi kesehatan dan kesempatan sehingga dapat hadir dalam acara pencanangan Kampung Pancasila berkenaan dengan hal tersebut saya selaku Komandan Korem 071 Wijayakusuma mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkontribusi atas terwujudnya Kampung Pancasila semoga Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara.

b. Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah sadar bahwasanya kita berada di tempat yang memiliki bahasa agama ideologi budaya atau sejarah yang sama dan mempunyai aturan-aturan, kesadaran ini perlu ditanamkan sedini mungkin kita di tengah derasnya pengaruh globalisasi dan modernisasi yang tak bisa dihindarkan di era globalisasi ini, dimana informasi melintas tanpa batas, namun kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya pemerintah memberikan pemahaman bagi generasi muda kita ketahui bersama bahwa 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, undang-undang dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika contohnya bhineka tunggal ika yang mempunyai makna berbeda-beda tetapi tetap satu jua perbedaan tersebut merupakan suatu kekuatan bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

c. Dengan adanya Kampung Pancasila diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai pemersatu bangsa dengan keanekaragaman ini kita bisa memaknai nilai-nilai Pancasila untuk saling bertoleransi gotong royong, guyub dan rukun Kampung Pancasila dibentuk sebagai suatu kepedulian warga dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia secara utuh.

Acara selesai dilanjutkan Pencanangan Kampung Pancasila dan foto bersama.

Related Posts

Komentar