Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju "Industrial Peace''

Rabu, 11 Mei 2022 | 5111 Kali
Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju "Industrial Peace

BAKESBANGPOL ; Menghadiri acara Peringatan Hari Buruh Internasional "Ketupat May Day Tahun 2022" dengan tema "Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju 'Industrial Peace'". Bakesbangpol dalam hal ini bertindak sebagai mitra strategis Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi (Disnakerkop) serta menjembatani hubungan antara Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan pihak pekerja dan pengusaha.

Hadir dalam acara ini Bupati Banyumas Achmad Husein diwakili Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Drs. Joko Wiyono, M.Si, Ketua SPSI Banyumas Haris Subiyakto, dan stakeholders terkait dari BPJS, Apindo, juga Forum HRD.

Kepala Disnakerkop Joko Wiyono dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur lantaran tahun ini acara tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional di Banyumas dapat dilaksanakan dengan aturan yang lebih longgar. Joko juga mengungkapkan bahwa tahun ini Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Banyumas naik 3,67%, jauh lebih tinggi dibandingkan rerata daerah lain sebanyak sekitar 1%.

Dalam acara peringatan Hari Buruh Internasional ini juga dilaksanakan potong tumpeng sebagai tanda ucapan syukur. Pemotongan tumpeng dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono.

Kepala Bakesbangpol Banyumas Eko Heru Surono yang hadir dalam kegiatan tersebut memyampaikan bahwa selama ini sinergitas antara Bakesbangpol dengan jajaran SPSI Banyumas terjalin dengan baik dimana harapannya akan senantiasa terjaga dalam upaya mewujudkan kondusifitas di Banyumas.

Selanjutnya Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Banyumas, Haris Subiyakto juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional ini sekaligus meningkatkan komitmen buruh, pengusaha, dan pemerintah di dalam hubungan industrial. Haris juga mengungkapkan bahwa acara ini dapat terselenggara berkat dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyumas serta dana bantuan dari berbagai pihak.

Rangkaian peringatan Hari Buruh Internasional telah diisi dengan berbagai kegiatan, seperti berbagai perlombaan, Buruh Mengaji, vaksin (bekerja sama dengan BIN), pembagian paket sembako dari BPJSTK, dan juga bantuan khusus bagi ahli waris peserta BPJS.

Terakhir, Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono mewakili Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein memberikan kabar gembira bahwa Kabupaten Banyumas saat ini telah masuk Level 1 PPKM namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan sembari menjadikan kesempatan ini untuk evaluasi, menata tantangan & peluang di masa depan demi pelayanan terbaik.

"Insyaallah dengan PPKM Level 1, ekonomi Banyumas akan meningkat," ujarnya.

Dalam kaitannya dengan Hari Buruh, Sadewo menyampaikan bahwa selama ini di Banyumas relatif kondusif dengan adanya dialog antara buruh, pengusaha, dan pemerintah. Perlu diingat bahwa sesungguhnya ketiganya adalah mitra, bukan musuh.

Sadewo juga membahas tentang pembangunan Tol Pejagan - Cilacap yang sebenarnya sudah masuk Proyek Strategis Nasional pada tahun 2019 tetapi dianulir pada tahun 2020 akibat refocusing dana PEN untuk penanggulangan Covid-19. Tol tersebut diharapkan akan mendukung kawasan industri di Lumbir dan Wangon sehingga sampai saat ini masih terus didorong untuk kembali masuk ke Proyek Strategis Nasional oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Related Posts

Font
Senin, 23 Maret 2020

Komentar