Dharmasanti Waisak 2566 BE / 2022

Kamis, 19 Mei 2022 | 4609 Kali
Dharmasanti Waisak 2566 BE / 2022

BAKESBANGPOL ; Kamis, 19 Mei 2022, Pukul 09.30 WIB s/d selesai, Padepokan ASTABRATA Desa Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas

Hadir dalam kegiatan
1. Drs. Sadewo Trilastiono Wakil Bupati Banyumas
2. M. Wahyu Fauzi Azis, S. H., M.Si., Kasie Zawa, mewakili Kepala Kemenag Banyumas
3. AKBP Kristanto Yoga Dharmawan, S. I. K., M. Si., Wakapolresta Banyumas
4. Basuki Rahmat, S.KM., Kabid Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama BAKESBANGPOL, mewakili Kepala BAKESBANGPOL Kabupaten Banyumas
5. Banthe Pahrijanavaro Thera, Agus Setiyono.
6. Dr. H. Roqib, M. Ag., Ketua FKUB Kabupaten Banyumas.
7. Perwakilan Tokoh-tokoh Agama.
8. MWC NU.
9. Yusuf Kumaedi, Ketua GURDURIAN Banyumas.
10. Kusnoto, S.E. , mewakili Camat Baturraden.
11. AKP Karseno Tri Waluyo, S. H., Kapolsek Baturraden.
12. Kapten Arh. Wagim, Dan Ramil 02 Baturraden.
13. K. H. Maskun Ridlo, Lc., Ketua FKUB Kecamatan Baturraden
14. Kepala desa se-Kecamatan Baturraden.
15. Ketua Panitia Dharmasanti
16. Perwakilan Umat Budha

Hasil Kegiatan
a. Yang utama mari kita bersama sama mengucapkan syukur kepada Tuhan YME atas rahmatnya kita bisa berkumpul di Padepokan Asta Brata dalam rangka mengikuti kegiatan Darmasanti Waisak 2566 BE/2022
b. Kami sangat bersuka cita bisa mengadakan kegiatan ini setelah selama 2 tahun tidak bisa menyelenggarakan kegiatan karena wabah Covid 19, namun kegiatan ini pula kita diijinkan namun tetap mematuhi prokes.
c. Kami mengajak umat Budha khususnya dan umat Manusia pada umumnya utk menjaga Cinta Kasih utk menjaga keutuhan kehidupan berbangsa, sebagai tauladan kita bahwa sang Budha selama 45 tahun mengajarkan cinta kasih dalam lingkungan agar tetap terjaga kerukunan mari kita mengoreksi diri dengan membersihkan pikiran dari hal hal tidak baik karena pikiran yang tidak baik.

- Sambutan Ketua FKUB Kabupaten Banyumas.
a. Bapak ibu saudara sekalian yang saya hormati, kita bersyukur akan pertemuan hari ini dalam acara kegiatan Darmasanti Waisak 2566 BE/2022
b. Kami atas nama FKUB Kabupaten Banyumas mengucapkan selamat merayakan hari Raya Waisak 2566 BE/2022. Mari kita memaknai hari Tri Suci Waisak ini dengan baik dan benar sesuai ajaran dalam kitab suci Tripitaka, kita di Indonesia ini berbagai penduduknya memeluk agama dan berbicara tentang Cinta kasih kita bisa ketemu dalam kehidupan bahwa kita semua bersaudara karena semua ajaran mengajar tentang Cinta kasih
c. Membina kerukunan baik eksternal maupun internal bisa menjaga kerukunan didaerah masing masing, Banyumas termasuk tingkat kerukunan nya tinggi mari kita pertahankan buat kemajuan Kabupaten Banyumas yang kita Cintai.

- Sambutan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas.
a. Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT kita bisa berkumpul disini di padepokan Asta Brata
b. Kami mewakili ka kantor kemenag menyampaikan maaf tidak bisa hadir dan kami mengucapkan Darmasanti Waisak 2566 BE/2022 dengan Tema Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara.
c. Dari tema ini semoga umat Budha bisa menjalankan dalam kehidupan sehari hari, esensi dari semua agama menjaga peradaban manusia dalam kerukunan dan keutuhan NKRI, mari kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari dengan sikap yang moderat, Negeri ini dibangun dengan perbedaan kebhinekaan nya, kita semua yang ada harus dapat menjaga perbedaan yang ada didalamnya, moderasi keagamaan merupakan aplikasi dalam menjalankan dalam beragama ada empat yaitu :
- pertama harus komitmen menjaga keutuhan NKRI,
- kedua adanya sikap toleransi dan menjaga perbedaan diantara kita semua dan janganlah kita cari banyaknya perbedaannya dan banyaknya kesamaannya,
- ketiga kita menolak kekerasan (ada ditengah tengah) tidak ekstrim kanan dan tidak ekstrim kiri yang bisa merongrong keutuhan NKRI,
- keempat kita adaptif dengan kearifan lokal yang ada disekitar kita dan harus kita tanam didalam diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat, perlu langkah kita semua menjaga keutuhan dengan membumikan moderasi agama dalam kehidupan kita masing-masing.

- Sambutan Wakil Bupati Banyumas.
a. Semoga dengan perayaan Waisak ini dapat membawa kebahagiaan kedamaian dan kesejahteraan bagi saudara-saudara umat Budha sekalian.
b. Memang betul semua agama itu dasarnya adalah cinta kasih dan saling menghormati saya kadang-kadang juga Miris dengan adanya medsos sekarang, mohon maaf bukan hanya dari muslim tetapi juga ada dari yang non muslim itu yang namanya radikalisme.
c. Habib Luthfi pernah menyampaikan bahwa Surga itu terlalu luas jangan menghalang-halangi orang untuk masuk surga dan jangan menjadi penentu mana yang bisa masuk surga dan mana yang tidak bisa masuk surga kalau dalam bahasa saya Surga itu hak prerogatif Tuhan Yang Maha Esa.
d. Semua agama itu baik menurut saya bagi saya muslim maka agama Islam yang terbaik bagi teman-teman agama budha agama budha adalah yang terbaik demikian juga bagi teman-teman agama yang lain yang penting kita tetap menjaga Pancasila dan ketuhanan yang maha esa.
e. Pancasila adalah dasar negara Indonesia sehingga semua orang semua warga negara Indonesia boleh hidup di Indonesia selama berketuhanan agama dan berkeyakinan.
f. Hari raya waisak atau yang sering disebut hari raya Tri Suci waisak merupakan ritual yang memperingati 3 peristiwa penting dan sakral diharapkan umat Buddha dapat meneladani ajaran Buddha yang selalu membawa kedamaian bagi dunia.
g. Mari bersama-sama kita ciptakan suasana kehidupan yang rukun damai dan harmonis kita bangun semangat kerja yang dilandasi sikap kekeluargaan gotong royong dan tolong-menolong serta kita rawat dan kita jaga kebhinekaan sebagai bentuk cinta tanah air.

- Hikmah Waisak disampaikan oleh Banthe Pahrijanavaro.
a. Hari ini saya sangat senang karena berkumpul semua umat beragama, dan saya berterimakasih kepada semua pihak sehingga acara berjalan dengan lancar.
b. Dari kemarin yang saya nanti adalah kedatangan pak Wabup karena takutnya nanti umat Budha tidak kenal pejabat pemerintah.
c. Saya mewakili sangga agung Indonesia acara ini dilaksanakan oleh MBI Banyumas, perbedaan sangga agung Indonesia dengan MBI adalah kalau sangga agung perkumpulan para biku/bante.
d. Kami ingin menyampaikan pesan waisak mewakili Ketua Sangga Agung Indonesia saat ini kita kembali memperingati Tri Suci Waisak bersama kita merenungi dan mensyukuri pencapaian Sidarta.
e. Kelahiran budi satwa merupakan cinta kasih beliau kepada umat manusia, kita sebagai umat manusia tidak luput dari hukum kekekalan.
f. Cinta kasih merupakan wujud nyata bahwa agama budha menjunjung tinggi nilai pluralisme, Budha mengajarkan bahwa kita semua adalah teman dan saudara.

Related Posts

Komentar