Rapat Koordinasi Pembentukan Kepengurusan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kab. Banyumas.

Rabu, 29 Juni 2022 | 5235 Kali
Rapat Koordinasi Pembentukan Kepengurusan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kab. Banyumas.

BAKESBANGPOL ; Rabu tanggal 29 Juni 2022, di Ruang Rapat Bakesbangpol Banyumas telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembentukan Kepengurusan dan Program Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kab. Banyumas yang diikuti oleh sekitar 30 orang.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan FKDM Kabupaten Banyumas pada 16 Juni 2022 lalu. FKDM dibentuk untuk menghidupkan kembali karena sudah sempat vakum pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat terkait radikalisme dan ekstremisme.
Pada saat rapat sebelumnya tanggal 16 Juni 2022 masing-masing unsur diminta untuk menyerahkan sebanyak 1 (satu) nama sebagai perwakilan, maka dari itu hari ini kita hadirkan nama-nama yang kemarin diserahkan oleh perwakilan tiap-tiap kelompok. Pertemuan ini rencananya kita akan membentuk susunan organisasi yang akan menjadi ketua dan sekretaris. Nantinya forum ini memiliki tugas deteksi dini dan cegah dini terkait kondusifitas wilayah Kabupaten Banyumas.
Tugas FKDM antara lain:
1) menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ATHG (Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan).
2) memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di Daerah Kabupaten/Kota.
Dalam rapat ini, peserta sepakat untuk memilih Kompol. Purn. Susanto, SH (Purn. Polri) sebagai Ketua FKDM Kabupaten Banyumas. Kemudian Sdr. Andi Isbani sebagai Sekretaris FKDM Kabupaten Banyumas dipilih langsung oleh Ketua.
Dengan terbentuknya FKDM Kabupaten Banyumas Sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, diharapkan potensi konflik yang ada di masyarakat lebih cepat terdeteksi sehingga dapat segera ditangani sebelum tereskalasi lebih jauh.
Kegiatan berjalan dengan lancar.

Related Posts

Komentar