Sarasehan Demokrasi Desa Banjarparakan-Rawalo

Kamis, 07 Pebruari 2019 | 2323 Kali
Sarasehan Demokrasi Desa Banjarparakan-Rawalo
KESBANGPOL ; Rabu, 6 Februari 2019 pukul 09.00-12.00 WIB bertempat di Balai Desa Banjarparakan-Rawalo Kab. Banyumas telah diadakan kegiatan Sarasehan demokrasi oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. kegiatan Sarasehan Demokrasi dengan tema "Pemilu 2019 Demokratis, Jujur dan Bermartabat" tersebut dihadiri langsung oleh Camat Rawalo, Kepala Kantor Kesbangpol Kab. Banyumas, Ketua KPU Kab. Banyumas dan ketua FKDM Kab. Banyumas.
 
Kegiatan Sarasehan Demokrasi tersebut dimaksudkan sebagai wadah Sosialisasi perihal Wawasan Kebangsaan, Pemilu 2019 khususnya tahapan dan tutoria/cara pencoblosan, kewaspadaan dini masyarakat dan diskusi antara narasumber dengan peserta, dalam kegiatan tersebut yaitu Ka.Kantor Kesbangpol Kab. Banyumas, Ketua FKDM Kab. Banyumas dan Ketua KPU, sementara Camat Rawalo sebagai moderatornya.
  
Adapun ringkassan dari kelangsungan acara Sarasehan Demokrasi adalah sebagai berikut:
Acara diwali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Doa dan dibuka oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kab. Banyumas dilanjutkan Materi, adapun materi dari Ka.Kesbangpol Kab. Banyumas adalah perihal bagaimana pengaruh pemilih dalam menentukan masa depan bangsa, mencakup tugas dan wewenang Presiden, DPR, DPRD dan DPD sehingga para calon pemilih Pemilu 2019 mendapatkan wawasan bagaimana besarnya pengaruh pemilih untuk mendapatkan kandidat pemimpin yang tepat yang akan menjalankan tugas dan wewenangnya serta menjelaskan bahwa pemilih harus memilih berdasarkan visi misi dan program kerja para kandidat.
 
Sementara materi dari Ketua FKDM Kab. Banyumas menjelaskan pentingnya kewaspadaan dini masyarakat agar dapat mencegah ketidak kondusifan wilayah mengarah kepada Pemilu 2019 yang berpotensi berkurangnya tingkat kondusifitas wilayah sehingga ketua FKDM Kab. Banyumas mengajak masyarakat secara luas untuk ikut berperan bersama-sama berusaha menjaga kondusifitas wilayah. Ketua KPU Kab. Banyumas turut menjelaskan tahapan pemilu 2019 dan tatacara pemilihan, Ketua KPU Kab. Banyumas juga memberikan tutorial pencoblosan dengan praktek langsung melibatkan 3 orang peserta kegiatan Sarasehan Demokrasi untuk melakukan simulasi pencoblosan Pemilu 2019. Acara tersebut berlangsung dengan lancar.(adm/ys)

Related Posts

Font
Senin, 22 April 2019
Font
Selasa, 30 Agustus 2016

Komentar