Festival Takir Kesbangpol Kab.Banyumas 2016

Rabu, 19 Oktober 2016 | 2672 Kali
Festival Takir Kesbangpol Kab.Banyumas 2016

FESTIVAL TAKIR

Pada hari ini Rabu tanggal 19 Oktober 2016 bertempat di Alun-alun Kecamatan Banyumas telah diadakan FESTIVAL Takir th 2016 yang diselenggarakan oleh Dinporabudpar Kab Banyumas. Acara tersebut diikuti oleh Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Banyumas, Sekolah sekolah di kecamatan Banyumas, masing-masing SKPD dilingkungan Pemda kabupaten banyumas. Tema acara tersebut adalah Dengan FESTIVAL Takir 2016 kita berdayakan kearifan lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan tersebut dilombakan sehingga antusias peserta cukup tinggi dengan juri dari sesepuh budayawan banyumas. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bapak Bupati Banyumas Ir.H. Ahmad Husen serta dihadiri Wakil Bupati dr. Budi Setiawan dan Para Kepala Dinas, Badan.

Ucapan selamat datang disampaikan oleh Camat Banyumas Bpk Ahmad Suryanto kepada Bupati beserta rombongan juga kepada seluruh peserta FESTIVAL dan masyarakat. Dia menyampaikan bahwa Kecamatan Banyumas bisa menjadi daerah wisata budaya karena adanya budaya lokal yang mempunyai nilai nilai luhur.

Sementara Kepala DinporabudparBpkMuntorihin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya lokal kabupaten banyumas, memberdayakan masyarakat, untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri disamping itu FESTIVAL ini telah menjadi agenda tahunan oleh Pemda Banyumas.

Sedangkan Bupati Banyumas dalam sambutannya yang menggunakan bahasa banyumasan menyampaikan bahwa Takir kue berarti Nata Pikir, sing tegese karo mangan sega kambi pikirane ditata, kon langkah uripebenerlantemata. Setelah membuka secara resmi dengan memukul gong, kemudian meninjau takir- takir yang diletakkan di dalam Tenong (tempat makanan yang tevrbuat dari bambu) yang diikuti rombongan pejabat Pemda dan memberikan penilaian yang langsung memberikan hadiahnya.

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan oleh group lengger dari siswa siswi SMKN 3 Banyumas dan Tarian Ropyan serta group kuda lumping.

Acara resmi dimulai pukul 10.00 wibsd 11.30 wib, adapun hiburan seni kuda lumping dilanjutkan sampai sore. Demikian ump.

Related Posts

Font
Selasa, 04 Oktober 2016

Komentar