Pembekalan kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se- Kec. Purwokerto Timur

Selasa, 21 November 2023 | 769 Kali
Pembekalan kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se- Kec. Purwokerto Timur

BAKESBANGPOL ; Selasa tanggal 21 November 2023 bertempat di Pendopo Kec. Purwokerto Timur Kab. Banyumas * Bakesbangpol Banyumas memberikan pembekalan kepada anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan dan Kelurahan se-Kec. Purwokerto Timur menjelang tahapan Pemilu 2024 dan perkembangan situasi wilayah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bambang Septiono, SH (dari Bakesbangpol), Agus Wahyudi (Anggota FKDM Kabupaten Pengampu Kecamatan Purwokerto Timur), Forkopimcam serta Lurah dan Anggota FKDM se-Kecamatan Purwokerto Timur.

Drs. Kristanto. M. Si (Camat Purwokerto Timur) sebagai penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa maksud tujuan diadakannya Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan Purwokerto Timur untuk memberikan masukan dan saran terkait kinerja FKDM dimasing-masing wilayah. Selain itu, Camat berpesan untuk kegiatan atau kejadian apapun yang ada di wilayah berharap FKDM dapat melaksanakan deteksi dini serta segera laporkan jangan sampai terlambat.

Bakesbangpol dalam hal ini diwakili oleh Bambang Septiono, SH (Analis Kebijakan Ahli Muda Bakesbangpol Banyumas) pada intinya menyampaikan :
a. Berdasarkan Permendagri Nomor 46 tahun 2019 tentang Kewaspadaan Nasional di Daerah mengamanatkan pembentukan Tim Kewaspadaan Dini Daerah (Wasdinda) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).
b. Tugas Fungsi FKDM kecamatan dan Kelurahan/desa hanya 2 yaitu :
1). Mengkomunikasikan, mengumpulkan data informasi/bahan keterangan yang terjadi diwilayah yang berpotensi menimbulkan ATHG
2) melaporkan informasi yang diperoleh kepada Tim Kewaspadaan Dini Daerah tingkat Kabupaten/ Kecamatan sebagai pedoman mengambil suatu kebijakan.
d. FKDM dalam melaporkan informasi sesuai dengan tingkatan atau hirarki.
e. FKDM dalam melaksanakan tugas bersifat tertutup/senyap agar informasi yang didapat lengkap dan akurat, sehingga sebisa mungkin ketika bertugas tidak perlu menunjukkan identitas sebagai seorang anggota FKDM
f. Menjelang tahapan Pemilu 2024 khususnya masa kampanye serta musim penghujan agar FKDM dapat meningkatkan kewaspadaan dini dan selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan aparatur pemerintah setempat dalam upaya menciptakan kondusifitas wilayah.
g. Kami memahami jika teman-teman FKDM belum maksimal dalam bertugas, sehingga kami Bakesbangpol membuka pintu 24 jam silahkan apabila ingin konsultasi dan belajar bersama untuk mendukung kelancaran tugas tugas FKDM seperti bagaimana mengumpulkan informasi dan membuat laporan yang baik dan tepat.

Penyampaian AKP Suprijadi (Kapolsek Purwokerto Timur) yang pada intinya :*
a. Terkait sistem pelaporan atau informasi kami harapkan tetap berjalan baik mengalir sesuai alur dari anggota FKDM ke tingkat kelurahan berlanjut ke tingkat Kecamatan.
b. Terkait eksekusi nanti tingkat kecamatan dan gabungan yang akan menindaklanjuti jadi saya harapkan komunikais tetap berjalan baik.
c. Kita ketahui bersama eskalasi politik sudah meningkat dan kita harus antisipasi berita hoax.

Kegiatan dilanjutkan diskusi dan pemberian saran dan masukan dari masing-masing kelurahan baik dari lurah maupun FKDM.

Bahwa Rakor Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM) Kec. Purwokerto Timur dalam rangka membahas kendala yang ada di lapangan dan memberikan masukan. Diharapkan dengan dilaksanakan Rakor tersebut dapatnya mencegah terjadinya konflik sosial menjelang tahun politik diwilayah Kec. Purwokerto Timur.

Related Posts

Font
Rabu, 05 Oktober 2016

Komentar